Animasi

https://davitsep.blogspot.com/2019/05/kumpulan-soal-animasi-2-dimensi.html

Membuat Animasi Stop Motion

Membuat Animasi Stop Motion


Assalamualaikum Wr. Wb.
Di postingan kali ini saya akan menunjukan cara membuat animasi Stop Motion. Animasi itu sendiri adalah penciptaan gambar bergerak dengan menggunakan software untuk menganimasikannya. Cara pembuatan animasi stop motion ini adalah diawali dengan membuat fram-frame gambar yang akan di animasikan. 

pembuatan frame-frame ini bisa dengan modeling menggunakan software corel, photosop, dan lain sebagainya. untuk lebih mudahnya bisa dengan menggambar frame-frame di kertas kemudian di foto. penciptaan animasi stop motion ini pada dasarnya membutuhkan banyak foto sehingga dapat dianimasikan.


bisa di lihat di sini saya membuat gambar di kertas kemudian saya foto hingga frame untuk animasi saya berjumlah 101 frame.
untuk lebih mudahnya saya hanya membuat satu gambar dan saya potong gambar tersebut menggunakan gunting dan hanya saya gerakkan di kertas kosong dan saya foto untuk menghasilkan fram-frame yang akan saya animasikan.

jika sudah membuat frame-frame yang akan dianimasikan, langkah selanjutnya adalah menggabungkan semua gambar tersebut menjadi satu video sehingga gambar-gambar tadi dapat bergerak.

untuk menjadikan frame-frame foto tadi menjadi video adalah dengan menggunakan software pengedit video. di sini saya menggunakan Adobe Premiere Pro. tapi jika kalian mau, kalian bisa menggunakan software lain yang sejenis, contohnya wondershare filmora.

Untuk langkah-langkah menggabungkan gambar menjadi video beserta renderingnya menggunakan Adobe Premiere Pro, anda bisa tonton pada video di bawah ini.




Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, sekian Wassalamualaikum Wr. Wb

0 comments:

Post a Comment