Animasi

https://davitsep.blogspot.com/2019/05/kumpulan-soal-animasi-2-dimensi.html

Mengenal Media Interaktif

Mengenal Media Interaktif


Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video, gambar, teks, animasi dan audio/suara dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat unsur visual dan suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian (Seels Glasgow dalam Arsyad, 2002:36).

Media pembelajaran interaktif yang dimaksudkan adalah berbentuk Compact-Disk (CD). Bentuk yang lain dari media interaktif adalah aplikasi yang berjalan di smartphone. Media interaktif ini sering disebut CD Multimedia Interaktif dan mobile application.

Media interaktif dalam bentuk mobile application ini sangat menarik karena memiliki keunggulan, yaitu :

– Respon yang cepat dalam penggunaannya.
– Umumnya mempunyai file size yang tidak besar (30 MB)
– Tersedia secara online.

Walaupun demikian, penggunaan media interaktif, baik CD Multimedia Interaktif maupun mobile application, bergantung dari tujuan dan materi informasi/pembelajaran yang akan disampaikan. Selain itu, target pengguna juga menentukan media interaktif mana yang dipilih.

Jenis Media Interaktif

1. Media interaktif berbasis E-learning

berikut adalah contoh dari media interaktif berbasis E-Learning:

- Moodle

merupakan salah satu e-learning berbasis PHP dan MySQL yang paling populer. Mempunyai fitur jadwal pembelajaran, Program Quiz, Presentasi hasil kerja. Moodle juga ada modul Interaksi siswa dengan guru yaitu Chatforum, Workshop atau survey.

- Fedena

Fedena dilengkapi fitur untuk kegiatan pembelajaran sampai manajemen pendidikan di sekolah. Adanya klasifikasi akses login antar pendidik, tenaga kependidikan, siswa, orangtua, dan manajemen lembaga pendidikan membuat Fedena jadi alternatif terbaik untuk membangun E-Learning institusi pada satuan pendidikan.

- Ilmukomputer

Adalah E-Learning berbasis komunitas yang menyediakan sumber belajar khusus ilmu komputer dalam bahasa Indonesia secara gratis dan mudah.

-Fisikanet
 Adalah E-Learning khusus mata pelajaran Fisika. Tersedia materi, latihan soal, sejarah dan ruang diskusi seputar mencari penyelesainan yang berhubungan dengan mata pelajaran fisika.

2. Media Interaktif berbasis Web/ Situs Online

Berikut adalah beberapa contoh Media Interaktif berbasis web/ Situs Online:
- Zenius Education
Adalah situs pembelajaran online yang menyajikan berbagai macam materi pembelajaran mulai dari tingkat SD sampai SMA. Tersedia lengkap dalam bahasa Indonesia dan juga gratis.

Wikipedia adalah salah satu website pendidikan terbesar di dunia yang menyajikan berbagai ulasan materi tentang arti kata, penjabaran sains, sejarah, biografi, profil negara dan lain-lain.

- Kelas Kita
Adalah website penyedia berbagai macam kursus bagi pengunjung. berbagai materi pembelajaran sampau materi pengetahuan umum ada di situs ini.

Adalah portal sumber belajar lengkap tentang matematika,statistika, astronomi, seni keterampilan dan lain-lain.

3. Media Interaktif Berbasis Software

-Rekentest
Rekentest Adalah Software Pendidikan Gratis Untuk Praktek Keterampilan Aritmatika Menggunakan Konsep Kuis.

-Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite
Software Kalkulator Ilmiah Sicyon Lite Adalah Software Kalkulator Ilmiah Dengan Fitur Formula Yang Mudah Dan Sangat Lengkap.

-Animals For Kids
Animals For Kids Adalah Software Pendidikan Berbasis Flash Card Mengenai Ensiklopedia Hewan Secara Lengkap.

-Chinese Toolbox
Chinese Toolbox  Adalah Software Chinese Toolbox Hadir Sebagai Alat Bantu Dalam Mempelajari Bahasa China Dengan Baik Mulai Dari Tingkat Dasar.

-ChemDigit
ChemDigit  Adalah Software Kalkulator Kimia Mengenai Perhitungan Kimia Lengkap.

4. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android


-Aplikasi Kelas Kita
Aplikasi Ini Hadir Dengan Beragam Kelas Online Yang Dapat Kita Diikuti. Setelah Kita Memutuskan Untuk Mengikuti Sebuah Kelas, Kita Akan Mendapatkan Materi Yang Diberikan Secara Berurutan.

-Aplikasi RuangGuru
Aplikasi Ruangguru Memungkinkan Kita Untuk Konsultasi Mengenai Materi Pembelajaran Lewat Chat Maupun Video Call. Sehingga Aplikasi Ini Dapat Dijadikan Narasumber Dalam Pembelajaran.

-Quipper
Aplikasi Android Berbayar Ini Menyediakan Kumpulan Soal-Soal Terlengkap. Bisa Dijadikan Alternative Media Pembelajaran Interaktif Latihan Soal Untuk Siswa Dan Guru Akan Mengoreksi Dan Menilai Hasilnya.

-Aplikasi Belajar Online Tryout UN SD
Bank Soal Latihan UN SD Versi Digital Yang Dapat Dimanfaatkan Untuk Menguji Kemampuan Siswa Sebelum Menghadapi UN.

-CBT UN SMP
Mirip Dengan Aplikasi Tadi Yang Dijelaskan, Cuma Saja Aplikasi Ini Untuk Siswa SMP.

-Star Chart
Aplikasi Android Mengenai Materi Astronomi Dan Tata Surya. Media Pembelajaran Alternative Dalam Belajar Ilmu Sains.

5. Software pembuat Media Interaktif.

Berikut adalah beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat media interaktif:
- Articulate Storylane
Articulate Storyline adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat presentasi. Memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Power Point, Articulate Storyline memiliki beberapa kelebihan sehingga dapat menghasilkan presentasi yang lebih komprehensif dan kreatif. Software ini juga mempunyai fitur-fitur seperti timeline, movie, picture, character dan lain-lain yang mudah digunakan.

-Camtasia
Camtasia adalah software perekam aktivitas pada layar monitor computer/laptop. Software ini juga mumpuni dalam pengeditan video.

-Adobe Flash Profesional
Software pembuat vector plus animasi gambar bergerak hingga efek yang menarik. Rekomended untuk merancang media pembelajaran interaktif konten visual.

-Windows Movie Maker
Software satu ini merupakan software bawaan Microsoft untuk pembuatan video silde sampai editing video. Sangat mudah untuk digunakan. Sehingga akan memudahkan guru untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif audiovisual.

-Microsoft Power Point
Software paling popular dalam pembuatan presentasi. Anda pasti sudah sangat mengenalnya. Sangat mudah digunakan dan kita bisa mencari banyak template di internet untuk membuat slide yang menarik dan variatif.

-Filmora Wondershare
Software semacam Windows Movie Maker untuk membuat videoslide maupun editing video. Hadir dengan fitur video effect yang lebih lengkap dari WMM.

1 comment: