Animasi

https://davitsep.blogspot.com/2019/05/kumpulan-soal-animasi-2-dimensi.html

Animasi 3D


Sebelumnya, pernahkah kalian mendengar tentang bangun 2 dimensi dan 3 dimensi? bangun 2 dimensi adalah bangun yang hanya memiliki panjang dan lebar saja. sedangkan bangun 3 dimensi adalah bangun yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. sama halnya dengan bangun 3 dimensi, animasi 3 dimensi juga memiliki itu sehingga memiliki ruang, bentuk, dan volume.

Sehingga animasi 3 dimensi bisa dikatakan mirip dengan makhlik hidup yang juga memiliki volume dan ruang karena animasi 3 dimensi tampak nyata.

Animasi 3 dimensi merupakan penciptaan gambar-gambar yang dibuat memiliki volume, ruang, dan bentuk. kemudian di film kan menggunakan berbagai aplikasi sehingga jika sudah di render, gambar-gambar 3 dimensi tersebut dapat bergerak sesuai dengan gambar 3 dimensi yang dibuat.

Nah, berbeda dengan animasi 2 dimensi yang hanya datar saja tidak memiliki volume, animasi 3 dimensi ini akan tampak real, sehingga jika kita membuat model manusia, pada animasi 2 dimensi hanya dapat menampilkan tubuh seseorang terlihat datar saja karena hanya memiliki panjang serta lebar.

Sedangkan jika kita membuat model manusia dengan animasi 3 dimensi, animasi tersebut akan tampak nyata karena memiliki panjang, lebar, dan tinggi sehingga animasi tersebut memiliki volume dan akan mirip dengan model manusia tersebut.

Nah, jadi animasi 3 dimensi adalah animasi dengan menggunakan konsep "sebuah model yang memiliki volume, ruang, serta bentuk" sehingga akan tampak nyata sehingga jika kita meniru sebuah objek akan terlihat mirip dengan objek yang di tiru tersebut.

Animasi 3D memiliki sub objek berupa elemen-elemen pembentuk objek tersebut, diantaranya Vertex, Edge, Face. Vertex merupakan titik yang terletak pada koordinat X, Y, Z.sedangkan gabungan 2 Vertex akan menghasilkan Edge. tiga Vertex dan edge yang tergabung dalam suatu bidang akan menghasilkan elemen yang disebut Face.

Permodelan animasi 3 dimensi dibedakan menjadi dua, yaitu hardsurface dan organic. hardsurface adalah hasil yang dibuat oleh tangan manusia, seperti kendaraan, arsitektur, konstruksi, robot  dan lain-lain. sedangkan organic adalah subjek yang sudah ada di alam seperti tubuhan, hewan, batu, dll.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D
Nah, animasi 3D dapat dibuat menggunakan beberapa software. berikut contoh beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat animasi 3D:

1. Maya Autodesk
         Maya adalah perangkat lunak keluaran dari Autodesk. Maya sangat baik untuk berkreasi dan permodelan. Maya juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunanya. dengan menambahkan tulang serta dengan rigging, maya dapat membuat animasi yang kita buat bergerak.

2. Blender
      Blender merupakan aplikasi pengolah grafik 3D dari open source paling terkemuka di dunia. meskipun aplikasi ini gratis, kualitas dari blender tidak kalah saing. aplikasi ini memungkinkan kita untuk modeling, texturing, lightning, animation, dan video post-proccesion. kelemahan dari aplikasi ini adalah penggunaannya yang sulit dan banyak fitur yang hanya menggunakan shortcut sehingga kita harus menghafal shortcut tersebut untuk menggunakan alat terterntu.

3. Posser
        Posser merupakan aplikasi pengolah animasi 3D yang digunanak untuk membuat sebuah model manusia. hasil yang dihasilkan lebih bagus dan lebih realistis dari yang lainnya. sangat mudah untuk digunakan.

Oke, mungkin cukup sekian postingan saya kali ini, tentunya banyak kesalahan di setiap tulisan saya karena saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. terima kasih telah berkunjung dan natikan postingan saya selanjutnya. bye-bye..

0 comments:

Post a Comment